google.com, pub-6402329744327085, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Penyalah gunaan Sosial Media - Mas Yuli

Penyalah gunaan Sosial Media

Posted by Mas Yuli on September 24, 2014

Penyalah gunaan Sosial Media
Raden Mas Yuli - Setelah kemarin sempat membahas sedikit tentang Ciri-ciri kecanduan internet, maka kali ini saya akan mencoba berbagi tentang penyalah gunaan sosial media. Media sosial atau sosial media yang seharusnya digunakan sebagai media berbagi info positif sekarang ini sudah di salah gunakan. Seiring pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia yang semakin menjamur, celah untuk memanfaatkan media ini memang cukup gampang dilakukan.

Menggunakan media sosial bagi kita memang sudah bisa dibilang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang dijaman yang serba modern ini. Dengan menggunakan media ini berbagai informasi terupdate akan dengan cepat kita dapatkankan.

Bagi seseorang yang memiliki SmartPhone yang tidak terinstal aplikasi seperti facebook, twitter, path, instagram, portal berita dan berbagai aplikasi sosial media lainnya, pastiya bakalan ketinggalan informasi informasi terkini ketimbang mereka yang menginstal aplikasi tersebut. Pada awalnya media media sosial ini sebetulnya sebagai media untuk berbagi informasi, memperluas networking, dan sejenisnya.

Sekarang ini SmartPhone adalah salah satu yang menjadi trend untuk mengakses media media sosial, karena selain digunakan untuk komunikasi, barang ini cukup praktis dan mudah untuk dibawa kemana mana. Mau dijalan, di kantor, di kendaraan, di kamar mandi, dan hampir semua media sosial dapat di akses melalui SmartPhone ini.

Dengan mudahnya akses media itulah banyak dari sebagian pengguna media sosial yang kemudian memanfaatkan untuk hal hal yang tidak baik, seperti misalnya prostitusi online, banyak group atau account yang secara terang terangan dan juga terselubung menawarkan jasa ini. Menurut beberapa pakar IT yang sempat saya baca bahwa di Indonesia sendiri prostitusi online mulai marak pada tahun 2012 silam.

Kemudian situs situs dan media yang ketahuan di bidang itu akhirnya di blokir oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Namun meskipun keminfo telah melakukan filter tetap saja tidak bisa terblokir semua, banyak cara dan trik dari mereka untuk mengelabuhinya.

Penyalah gunaan Sosial media sekarang ini sebetulya sudah bukan hal baru lagi, dan meskipun bayak cara yang dilakukan pemerintah tetapi tetap saja ada yang muncul kembali dan bahkan bisa dibilang, jika yang diblokir satu maka yang muncul lebih dari tiga. 

Lalu bagaimana menyikapi bagi kita dan juga orang tua ? Pada intinya sebetulnya supaya media ini tidak disalah gunakan, kembali pada diri kita masing masing untuk membatasi diri dan mencoba bijak serta memilah baik buruknya. bagi para orang tua sebaiknya lebih hati hati dengan anaknya jika memang belum saatnya anak memakai Smart Phone tentu saja jangan di kasih. dan beri penjelasan kepada mereka. 

Blog, Updated at: 10:05 AM

2 komentar:

Powered by Blogger.